Pengertian PoE Injector, PoE singkatan dari Power of Ethernet adalah suatu alat yang memiliki fungsi untuk memisahkan arus listrik dengan data pada kabel UTP. Seperti yang kita ketahui bahwa kabel UTP terdiri dari 4 pair. 1 pair dari isi kabel UTP tersebut bisa digunakan sebagai mengantar arus listrik. Tetapi pada jaringan internet komputer, 1 pair kabel ini tidak pernah digunakan sebagai menghantar arus. 4 pair tersebut dimasukkan semua kedalam konektor RJ45.

PoE Injector dan Contoh PenggunaannyaPoE Injector untuk CCTV biasanya dijual terpasang, yang penggunaannya adalah sebagai penyalur power adaptor ke CCTV. Harga PoE Injector ini relatif murah dan terjangkau yaitu sekitar Rp. 35.000 s/d 50.000. Melihat dari fungsinya tentu saja alat ini adalah solusi yang tepat untuk memudahkan instalasi dan penghematan biaya. Karena biaya yang dikeluarkan sangat murah dibandingkan dengan membeli kabel power.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa pair kabel ini tidak berfungsi sama sekali. Akan tetapi pair kabel ini bisa difungsikan apabila kita menggunakan alat PoE Injector.

Penggunaan PoE Injector biasanya pada instalasi CCTV jenis IP Camera yang non PoE. Ada juga IP Camera yang sudah support PoE dan langsung dihubungkan dengan Hub yang support PoE sehingga tidak memerlukan alat PoE Injector ini. Dengan menggunakan PoE Injector maka kita tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk pembelian kabel listrik sebagai tempat mengambil power adaptor CCTV.

IP Camera adalah CCTV yang instalasinya menggunakan kabel UTP dan konektor RJ45. Pada instalasi IP Camera yang menggunakan PoE Injector, cukup menarik satu kabel saja yaitu kabel UTP. PoE Injector dapat menghantarkan arus power hingga mencapai 50 meter tarikan kabel.

Satu PoE Injector dipasang pada konektor power dan konektor RJ45 kabel IP Camera, sedangkan pasangan PoE Injector yang satu lagi dipasangkan ke Hub dan pada konektor powernya dipasang ke adaptor CCTV. Dan kedua PoE Injector dihubungkan dengan ujung-ujung kabel UTP.

Berikut ini adalah contoh penggunaan PoE Injector:

Pengertian PoE Injector dan Contoh Penggunaannya

Pada gambar diatas, kabel UTP menjadi penghubung kedua alat PoE Injector. Dan jalur power IP Camera diambil dari 1 pair kabel UTP lalu kemudian diteruskan ke konektor adaptor di IP Camera dan konektor adaptor untuk power IP Camera.

Itulah pengertian PoE Injector dan contoh penggunaannya yang dapat saya share. Semoga bermanfaat.